oleh

Kemenag Jalin Kerjasama dengan KPK Berantas Korupsi

Jakarta – Kementerian Agama ingin menjalin kerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mencegah korupsi. Hal ini disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi usai bertemu dengan Ketua KPK Firli Bahuri, Selasa (28/1) kemarin.

Pertemuan tersebut membahas tentang pencegahan korupsi dan saling memberikan masukan terhadap kinerja ke depan kedua belah pihak.

Fachrul Razi menegaskan masukan-masukan yang diberikan KPK untuk memperkuat tekad Kementerian Agama dalam pencegahan korupsi.

“Kami juga memiliki tekad yang sama, tapi dengan masukan-masukan KPK tentu bisa bekerja dengan lebih baik dalam upaya bekerja sebaik-baiknya, tanpa melakukan korupsi,” ujarnya.

Selain Firli, pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 60 menit itu juga dihadiri empat pimpinan KPK lainnya, yaitu: Lili Pintauli Siregar, Nurul Ghufron, Nawawi Pamulango, dan Alexander Marwata. Hadir pula Sekjen dan Juru Bicara KPK.

“Tadi jajaran Kementerian Agama relatif lengkap. Jadi ini bisa diserap oleh semua teman-teman, dan ini bisa dikembangkan ke bawah. Saya sependapat sekali dengan masukan-masukan itu,” kata Menag.

Sementara itu Firli Bahuri menjelaskan, Kementerian Agama adalah kementerian/lembaga ke-12 yang disambangi KPK dalam masa kepemimpinannya.

“Ini dalam rangka, kesatu, memberikan dukungan, semangat supaya melakukan upaya-upaya, program-program untuk pencegahan korupsi, itu yang pertama,” jelas Firli.

Menurut Firli, pencegahan korupsi merupakan tanggung jawab bersama, sementara penindakan itu urusan KPK dan para penegak hukum. “Ini semangat kita. Semangat kita kan untuk bisa melakukan pencegahan,” tuturnya. (*)

News Feed